PUSKESMAS 1 PURWOKERTO TIMUR

PUSKESMAS 1 PURWOKERTO TIMUR

 

 

Latar Belakang

Pembangunan kesehatan di Indonesia diarahkan pada terciptanya manusia Indonesia yang berdaya saing tinggi sesuai dengan visi pembangunan  nasional jangka panjang yaitu Indonesia yang mandiri, maju, adil dan makmur. Salah satu upayanya adalah dengan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dengan meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang.

Dalam bidang kesehatan ada 5 agenda yang berkaitan langsung yaitu memberantas kemiskinan, menurunkan angka kematian anak, meningkatkan kesehatan ibu, memerangi HIV dan AIDS, Malaria, dan penyakit lainnya serta melestarikan lingkungan hidup.

Puskesmas sebagai sarana pelayanan kesehatan terdepan tentunya menjadi ujung tombak pelaksanaan program dan penentu keberhasilan. Untuk itu diperlukan peran yang jelas dan terorganisir dari pelaku kegiatan di puskesmas.  Puskesmas sendiri menghadapi berbagai kendala pelaksanaan kegiatan dilapangan dari mulai kekurangan tenaga pelaksana, kurangnya sarana pendukung, kompetensi petugas yang masih harus ditingkatkan dan perlunya dukungan politik dari pemerintah daerah dalam kelancaran pelaksanaan program.

Dari hasil evaluasi program tahun sebelumnya dan tanggung jawab pelaksanaan program pada tahun yang akan datang dicoba disusun rencana untuk menjadi panduan bagi petugas dalam melaksanakan program tahun yang akan datang sehingga diharapkan  hasil yang dicapai akan lebih optimal.

 

Maksud dan Tujuan

Profil ini disusun dengan maksud dan tujuan sebagai berikut:

  1. Dapat disajikan data dan informasi umum dan lingkungan yang meliputi lingkungan fisik dan biologik, kependudukan, sosial ekonomi dan perilaku masyarakat yang berkaitan dengan kesehatan masyarakat.
  2. Dapat disajikan data dan informasi tentang indikator status kesehatan masyarakat yang meliputi angka kematian, angka kesakitan dan status gizi masyarakat.
  3. Disajikan data dan informasi mengenai upaya pelayanan kesehatan meliputi cakupan kegiatan program kesehatan puskesmas.
  4. Penyediaan data dan informasi untuk bahan penyusunan Profil Kesehatan Kabupaten Banyumas Tahun 2016.

 

 

Sistematika

Sistematika penyajian Profil Kesehatan Puskesmas I Purwokerto Timur dibuat menurut susunan sebagai berikut:

Bab      I           Pendahuluan

Bab ini menjelaskan latar belakang dan tujuan disusunnya Profil Kesehatan Puskesmas I Purwokerto Timur beserta sistematikanya.

 

Bab      II         Gambaran Umum Wilayah Kerja Puskesmas I Purwokerto Timur

Bab ini menyajikan tentang letak geografis, kependudukan, sosial ekonomi dan informasi umum lainnya.

 

Bab      III        Puskesmas I Purwokerto Timur

Bab ini menyajikan Visi dan Misi Puskesmas I Purwokerto Timur dan sumber daya yang dimiliki.

 

Bab      IV        Pencapaian Program Kesehatan

Bab ini menguraikan hasil cakupan program yang telah dilaksanakan sepanjang tahun 2015. Hasil tersebut dibandingkan dengan target Indikator Indonesia Sehat (IIS) dan Standar Pelayanan Minimal (SPM). Data hasil cakupan yang dimaksud meliputi data status kesehatan masyarakat, keadaan lingkungan dan perilaku serta upaya pelayanan kesehatan yang telah dilakukan.

 

Bab      V         Kesimpulan

Bab ini berisi catatan tentang keberhasilan dan kekurangan yang ada untuk dapat diperhatikan dan dijadikan pertimbangan dalam penyusunan rencana kegiatan yang akan datang.

Related Posts

Komentar